Kamis, 21 Agustus 2008

Stereguschiy, Siluman Jago Sembunyi

Rusia tampaknya tak mau kalah dengan negara-negara lain yang telah terlebih dahulu memproduksi kapal siluman, setelah Swedia, Belanda bahkan China saling silih berganti merilis kapal-kapal siluman merekan kini giliran Rusia unjuk gigi dengan Stereguschiy, walaupun baru diumumkan kepada publik pada Juli 2007, sejatinya proses pembuatan kapal siluman ini sudah di mulai sejak Desember 2001 dengan sandi Project 20380.

Kapal perang yang mempunyai panjang 94 meter dan berat 2.000 ton ini oleh Angkatan Laut Rusia dimasukkan dalam kapal perang jenis korvet, kapal hasil rancangan biro maritim Almaz yang berlokasi di St. Petersburg, Rusia ini mampu melaju hingga kecepatan 27 knot dengan daya jelajah hingga 4.000 mil laut. Dengan material badan kapal yang terbuat dari serat komposit serta sudut-sudut badan kapal yang didesain lebih dari 7 derajat, termasuk juga desain antena yang terintegrasi dengan masa kapal, sangat memungkinkan bagi Stereguschiy untuk sembunyi dari endusan radar musuh.

Satu hal lagi tentang kelebihan dari kapal kelas Stereguschiy ini adalah, walaupun lambung kapal relatif lebih ramping jika dibandingkan dengan kapal-kapal pesaing di kelasnya, Stereguschiy mampu membawa persenjataan maut yang lumayan canggih pada masa ini. Untuk urusan persenjataan anti kapal permukaan, Stereguschiy dibekali dengan dua pilihan rudal, opsi pertama adalah rudal supersonik Yakhont yang mempunyai daya jangkau hingga 300 km atau rudal subsonik 16 Kh-35E alias Uran-E yang mempunyai jangkauan 130 Km sebagai opsi kedua. Untuk urusan terpedo ada dua tabung kembar diameter 533 mm, yang mampu meluncurkan torpedo kelas berat.

Bagaimana dengan urusan udara? untuk menangkis serangan udara Stereguschiy menggunakan senapan mesin penangkis serangan udara 100 mm type A-190E yang sudah terintegrasi dengan radar dan juga masih di tambah lagi dengan CIWS Kashtan serta rudal jarak dekat Igla. Jika itu semua masih dirasa belum lengkap maka dibagian buritan kapal ada sebuah dek helipad yang dapat ditumpangi oleh helikopter jenis Kamov Ka-27, yang siap berpatroli untuk mengawal di sekeliling kapal siluman maut ini.

Download Video :
~ 3Gp : 1.200 Kb
~ Wmv : 5.672 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!