Selasa, 25 Maret 2008

Agusta A129 Mangusta, Sang Pionir Di Eropa Barat

Agusta A129 Mangusta, merupakan helikopter serang yang pada awalnya diproyeksikan untuk mengimbangi dominasi helikopter serang buatan negeri paman sam dan Rusia. Agusta A129 Mangusta sekaligus merupakan helikopter serang pertama kali yang di desain dan di produksi oleh negara di kawasan Eropa Barat, proses desain dari helikopter ini sudah di mulai sejak tahun 1978 dan purwarupa Agusta A129 Mangusta menjalani tes terbang resmi pertama kalinya pada 15 September 1983. Semua proses itu di lakukan oleh perusahaan Agusta (bagian dari AgustaWestland) yang berasal dari Italia.

Agusta A129 Mangusta awalnya merupakan pesanan Angkatan Darat Italia untuk di fungsikan sebagai helikopter serang dengan kualifikasi anti tank dengan harga yang relatif lebih murah di banding dengan helikopter sejenis yang berasal dari Amerika Serikat namun mempunyai kemampuan persenjataan dan avionik yang sertara. Sebagai helikopter serang, Agusta A129 Mangusta selain bisa di gunakan untuk tugas-tugas anti tank, helikopter ini juga dapat berfungsi sebagai heli intai, serang darat, pengawalan, dan juga mampu bertugas sebagai anti pesawat udara.

Untuk memenuhi semua fungsi diatas, Agusta A129 Mangusta dilengkapi dengan berbagai perlengkapan senjata. Untuk menghantam tank di darat helikopter dari negeri pizza ini di bekali dengan 8 buah rudal AGM-114 Hellfire atau BGM-71 TOW, sedang 4 sampai 8 buah rudal AIM-92 Stinger atau Mistral cukup mampu untuk menghadapi musuh dari udara. Dan untuk urusan senapan mesin, Agusta A129 Mangusta versi terbaru menggunakan Gatling 20 mm tiga barel menggantikan senapan mesin 6 barel Vulcan M61A1, semua sistem persenjataan ini di kontrol oleh TM197B sumbangan dari Otobreda.

Download Video :
~ 3Gp : 800 Kb
~ Wmv : 3.665 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!