Rabu, 20 Februari 2008

Shahab-3, Meteor Dari Negri Parsi

Sebagai negeri penentang dominasi Amerika Serikat nomer satu di kawasan Timur Tengah, Iran cukup serius mempersiapkan kemampuan militernya. Seperti Video berikut ini, yang menampilkan salah satu senjata yang menjadi andalan kekuatan Angkatan Udara Iran. Shahab-3 adalah peluru kendali yang masuk dalam golongan peluru kendali jarak menengah , Shahab-3 merupakan pengembangan dari peluru kendali milik Korea Utara yaitu Nodong-1, jika versi awal Nodong-1 yang diakuisisi oleh pemerintah Iran pada tahun 1998 hanya sanggup mencapai target 1.300 Km, kini berkat para ilmuwan Iran peluru kendali tersebut mampu menjangkau sasaran hingga jarak 2.100 Km.

Pengembangan yang dilakukan para teknisi Iran tidak hanya pada jarak jangkau saja, melainkan juga kemampuan hulu ledak. Kini Shahab-3 mampu membawa hulu ledak seberat 990 Kg, bahkan pada variant terbaru dari Shahab-3 yaitu Shahab-3C & 3D sudah dimodifikasi lagi dengan kemampuan membawa hulu ledak tandan yang berjumlah 5 buah hulu ledak, yang masing-masing mempunyai berat 280 Kg, hebatnya lagi dari kelima hulu ledak tersebut mampu membidik sasaran yang berbeda.

Shahab-3 yang berbahan padat dan cair ini mampu terbang dengan kecepatan 5.500 km/jam, direncanakan pada versi terbaru dari Shahab-3 nanti mampu terbang dengan kecepatan mencapai 21 Mach. Peluru kendali yang mempunyai diameter 1.2 meter mempunyai tingkat akurasi di bawah 50 meter dari titik sasaran.

Download Video:
~ 3Gp : 720 Kb
~ Wmv : 3.395 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!