Rabu, 13 Februari 2008

MERLIN MK1, Capung Pemburu Monster Laut

Proyek pembuatan Helikopter jenis Merlin ini di sudah di mulai sejak tahun 1979 saat di mana 2 perusahaan besar di belaha Eropa Barat bergabung dalam satu konsorsium, dua perusahaan tersebut adalah EH Industries yang didirikan oleh Agusta dari Italia dan GKN Westland perusahaan pembuat helikopter dari Inggris. Hingga saat ini Royal Navy telah mengoperasikan i sekitar 44 unit helikopter jenis ini.

Sebagai helikopter yang bertugas untuk memburu kapal selam Merlin Mk1 ASW yang ditenagai oleh 3 buah mesin Rolls Royce RTM 322 ini dilengkapi dengan -Marconi active "dunking" sonar yang mampu mengendus keberadaan sebuah kapal selam dan juga masih ada GEC Marconi AQS 903 acoustic processor serta masih pula di tambah dengan radar Marconi Blue Kestrel yang mampu meng-cover area 360 derajat sekaligus mampu difungsikan untuk mendeteksi obyek di permukaan. Dan sebagai alat persenjataan Merlin Mk1 ASW di lengkapi dengan 3 buah senapan mesin, lebih dari 2 buah peluru kendali anti kapal selam seberat 960 Kg, lebih dari 4 buah homing torpedo serta tidak ketinggalan pula depth charges dan beberapa roket.

Merlin Mk1 ASW yang diawaki oleh 3 orang kru ini, mampu mengangkut pasukan sebanyak 24 personel dalam posisi duduk, jika dalam posisi berdiri pasukan yang dapat diangkut mencapai 45 personel juga bisa di lengkapi dengan tandu sebanyak 16 berikut tim medis. Kecepatan maksimum yang dapat di capai oleh helikopter ini adalah 167 knots sedangkan jarak jangkaunya adalah 750 nm.

Download Video :
~ 3Gp : 782 Kb
~ Wmv: 3.764 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!