Senin, 17 September 2007

Mowag Piranha III, Ranpur Segala Medan

Mowag Piranha III merupakan kendaran tempur yang masuk dalam ketegori Light Armoured Vehicle (LAV). Di produksi oleh perushaan asal negeri Swiss yaitu Mowag Motorwagenfabriken of Switzerland yang sekarang telah menjadi bagian dari General Dynamics European Land Combat Systems atau (ELCS). Hingga saat ini sudah lebih dari 8.000 unit dari keluarga Piranha yang telah dipesan dan di kirim ke berbagai negara. Mowag Piranha III mempunyai berbagai konfigurasi mulai 6X6, 8x8 dan 10X10, khusus untuk Mowag Piranha III dengan konfigurasi penggerak roda 8X8 dan 10X10, perusahaan asal Inggris BAE Systems Land Systems (dahulu bernama Alvis) juga turut memproduksi dan memasarkan model ini.

Panser lapis baja Mowag ini di produksi dalam berbagai varian, antara lain : panser angkut personel (armoured personnel carrier), panser komando (command vehicle), panser intai (reconnaissance), dan lain-lain. Selain BAE Systems Land Systems dari Inggris, turunan dari Panser Mowag Piranha III yang lain juga banyak di produksi oleh berbagai negara dengan sistem lisensi, negara yang ikut memproduksi Mowag Piranha III antara lain : General Dynamics asal Canada, Komatsu dari Jepang, sedang dari Chile oleh pabrik FAMAE, untuk Amerika Serikat, Mowag Piranha III sudah berubah nama menjadi Stryker, setelah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan AB Amerika Serikat.

Dengan dukungan mesin diesel CATERPILLAR C9, panser yang mempunyai bobot 12.5 ton dan payload hingga 8.5 ton ini mampu melaju hingga kecepatan 100 km/jam, dan berenang di air dengan keceparan 10 km/jam. Selain mempunyai mobilitas yang tinggi, Bodi lapis baja Mowag Piranha III juga diperkuat dengan sistem proteksi balistik STANAG 4569 Level 1 yang mampu menahan proyektil dari senapan mesin dan pecahan mortir artileri, sedang untuk anti ranjau panser ini diperkuat dengan STANAG 4569 Level 2a. Sedang untuk persenjataan selain bisa di pasangi dengan senapan mesin ringan hingga berat, Mowag Piranha III juga mampu menggotong meriam kaliber 105 mm yang bisa di pasang pada turet.

Download Video:
~ Wmv : 2.430 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!