Kamis, 17 Mei 2007

Sukhoi Su-47 Berkut

Sukhoi Su-47 Berkut, merupakan pesawat eksperimental berkursi tunggal yang di rencanakan akan dikembangkan sebagai pesawat tempur supersonik, rancang bangun dari pesawat canggih ini dikerjakan oleh Sukhoi Aviation Corporation. Sebenarnya pada awal proses desain pesawat ini menggunakan kode S-32 dan S-37 dan seperti biasa NATO-pun mempunyai kode untuk si Berkut ini yaitu Firkin, Kesan Futuristik pada Sukhoi Su-47 Berkut nampak pada konfigurasi sayapnya yang tidak seperti umumnya pesawat terbang konvensional, sayap dari berkut di desain mengarah kedepan (forward-swept wing), desain serupa juga di gunakan pada pesawat Grumman X-29. Hingga saat ini Sukhoi Su-47 Berkut baru di produksi 1 pesawat yang di gunakan sebagai pesawat prototype.

Pesawat yang mempunyai daya jelajah hingga 3.300 km dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 2.1 Mach ini, di perkirakan akan menggotong sejumlah senjata maut berupa peluru kendali, baik itu peluru kendali dari udara ke udara maupun peluru kendali udara ke darat. Kemungkinan besar, untuk peluru kendali dari udara ke udara akan menggunakan R-77, R-77PD, R-73, dan K-74. Sedangkan untuk peluru kendali udara ke darat, kandidatnya adalah X-29T, X-29L, X-59M, X-31P, X-31A, KAB-500, KAB-1500.

Download Video:
~ wmv : 3.746 kb

4 komentar:

Mobius 1 mengatakan...

Mungkin 'Berkut' satu satunya pesawat yg bisa menyaingi F-22 Raptor.

Pesawat paling unik yg pernah saya tahu.

Make lOvE not WaR mengatakan...

@mobius..

sayang bro, produksi berkut hanya sampai pada sekala prototype... belum ada info lebih lanjut, apakah akah di produksi masal atau tidak

Anonim mengatakan...

SU-47 mungkin kemampuannya manuvernya bagus untuk dog fight jarak dekat. Tapi bagaimana jika menghadapi misil jarak jauh berkemampuan manuver tinggi seperti varian AMRAAM yang terbaru? Atau mungkin varian AMRAAM yang sedang dikembangkan dengan kemampuan stealth. Singkat kata jika dibandingkan dengan SU-30 memang lebih canggih, tapi untuk combat proven di era modern war kemampuan SU-47 harus dibuktikan lebih lanjut.

Make lOvE not WaR mengatakan...

@anonim,..

berkut sampai saat ini hanya sekedar teknologi demonstrator,.. dan masih belum ada sinyalemen untuk di produksi secara masal, jadi jangan harap ada cerita soal combat proven dari pesawat ini :)

untuk pesawat generasi berikutnya proyek PAKFA yang menjadi unggulan rusia

salam


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!