Rabu, 07 Juli 2010

Taurus KEPD 350, Jika Rudal Jadi Siluman

Teknologi siluman tidak lagi monopoli pesawat tempur atau kapal perang saja, namun kini rudal-pun ikut-ikutan menjadi siluman, inilah yang terjadi pada rudal atau peluru kendali dari udara ke permukaan TAURUS KEPD 350 produksi dari TAURUS Systems GmbH perusahaan yang merupakan hasil konsorsium pabrikan besar di benua biru eropa LFK (EADS/MBDA) dan Saab Bofors Dynamics.

TAURUS KEPD 350 mempunyai bentuk yang lain dari biasanya, yang oleh pabriknya di klaim sebagai rudal yang memiliki desain "low signature" yang membutnya sulit di deteksi oleh radar lawan. Selain siluman tentunya banyak lagi keistimewaan dari rudal ini, diantaranya adalah jarak tempuh rudal yang mencapai 500 km dan juga kemampuan "multi warhead" yang mampu membidik lebih dari satu sasaran. Dengan hulu ledak yang berbobot hampir setengah ton ini, rudal yang mempunyai panjang 5.1 meter dan dimensi 1.08 m ini mampu menembus beton setebal 4 meter !.

Dan dengan bobot total 1.4 ton, rudal yang hulu ledaknya di beri istilah Mephisto (Multi-Effect Penetrator, HIgh Sophisticated and Target Optimised) ini selain mampu menjebol beton juga mampu menghancurkan berbagai macam sasaran darat mulai dari bunker, fasilitas lapangan terbang, gudang amunisi, jembatan hingga kapal yang sedang berlabuh di laut atau pelabuhan. Hingga saat ini, rudal yang sudah masuk masa tugas sejak tahun 2005 ini sudah di operasikan oleh 2 negara yaitu Jerman (600 unit) dan Spanyol (63 unit).

Si Taurus yang mampu terbang di ketinggian 30 - 40 meter pada kecepatan 0.80 - 0.90 mach ini menggunakan mesin turbofan Williams P8300-15. Dan untuk sistem pemandu rudal menggunakan IBN (Image Based Navigation), INS (Inertial Navigation System), TRN (Terrain Referenced Navigation) and MIL-GPS (Global Positioning System) . Sebagai wahana pengangkut rudal, hingga saat ini sudah ada 4 pesawat yang siap menggendong rudal ini yaitu : Typhoon, Tornado, Gripen, F/A-18.

Download Video :
~ Wmv : 6.500 kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!