Jumat, 29 Agustus 2008

AMX-56 Leclerc, Penerus Dinasti AMX

Masih dari negeri Perancis, kali ini Palagan menampilkan Main Battle Tank andalan negeri anggur, yaitu AMX-56 Leclerc produksi dari GIAT Industries yang kini sudah berubah nama menjadi Nexter . AMX-56 merupakan penerus dari Dinasti Tank AMX yang legendaris, Tank ini hadir untuk menggantikan saudara tuanya tank AMX-30 sebagai tank tempur utama di jajaran angkatan darat Perancis . Tank ini mulai di mulai di produksi tahun 1990 dan mulai bertugas di angkatan darat Perancis pada tahun 1992. Leclerc selain di gunakan untuk keperluan domsetik juga digunakan oleh angkatan bersenjata Uni Emirat Arab.

Tank yang berbobot 54.5 ton ini di tenagai oleh mesin diesel 8-cylinder Wärtsilä yang mampu menghasilkan tenaga 1,500 hp. Sebagai sebuah MBT tentunya juga dilengkapi dengan meriam kaliber besar sebagai senjata utama, demikain pula dengan leclerc, yang menggotong meriam CN120-26 kaliber 120mm smoothbore , juga produksi dari GIAT (Nexter) yang mampu melontarkan peluru sebanyak 40 butir dengan konfigurasi 1 peluru siap tambak, 22 peluru didalam magazine yang otomatis bisa mengisi sendiri dan 18 butir lagi di sebagai tambahan. Untuk persenjataan tambahan leclerc mempunyai senapan mesik koaksial M2HB kaliber 12.7 mm yang berisi 1.100 butir peluru dan senapan mesin kaliber 7.62 mm yang mempunyai peluru 3.000 butir.

Tank yang diawaki oleh tiga orang kru ini, mampu berlari hingga kecepatan maksimum 71 km/jam dengan daya jelajah mencapai 550 km, sebagai sebuah tank tentunya kemampuan menahan serangan lawan juga menjadi andalannya, maka untuk memperkebal bodi dari leclerc, Nexter sebagai perusahaan yang memproduksi tank ini menggunakan bahan baku dari baja dan titanium serta dilengkapi dengan NERA sebagai bodinya. Total Populasi dari MBT ini mencapai kurang lebih 862 unit. dan hingga kini jumlah tank yang masih operasional adalah 406 unit pada angkatan darat Perancis dan 388 unit di gunakan oleh angkatan bersenjata Uni Emirat Arab.

Donwload Video :
~ 3Gp : 876 Kb
~ Wmv : 4.254 Kb


Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!