Jumat, 07 Desember 2007

Type 212A, Yang Baru Dari Jerman

Jika ada kapal selam dengan mesin diesel yang bisa bertahan lama di bawah air selama 2 minggu non-stop, mungkin hanya kapal selam dari kelas Type 212A ini saja yang bisa melakukannya. Type 212A merupakan kapal selam terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Laut Jerman menggunakan diesel sebagai penggerak di gabungkan dengan sistem air-independent propulsion (AIP) menjadikan kapal selam dari kelas ini dapat melaju di bawah air dengan sunyi minim suara dan mampu bertahan lama di bawah air selama 2 minggu beruturut-turut tanpa perlu kepermukaan air untuk mengambil oksigen. Saat ini, di dunia hanya 2 jenis kapal selam yang menggunakan 2 teknologi propulsi seperti ini yaitu Type 212A ini dan satu lagi kapal selam Rusia Lada class dari project 677.

Type 212A merupakan penyempurnaan dari desain awal kapal selam Type 212 belum sempat di produksi, dipesan oleh pemerintah Jerman pada tahun 1998 kepada German Submarine Consortium yang kemudian menyerahkan proses produksi kapal selam ini kepada HDW dan Thyssen Nordseewerke GmbH (TNSW). Dari 4 unit yang di pesan, semuanya telah rampung pembuatannya pada tahun 2005 hingga 2007. Selain 4 unit yang di produksi di Jerman, Galangan kapal Fincantieri juga memproduksi 2 unit kapal selam type 212A ini untuk di gunakan oleh Angkatan Laut Italia. Untuk persenjataan kapal selam ini dilengkapi dengan 6 buah tabung torpedo ukuran 533 mm berikut 12 torpedo serta peluru kendali jenis IDAS, dapat juga di tambahkan 24 buah ranjau laut eksternal. Untuk pertahanan diri, Type 212A menggunakan 4 buah peluncur Tau sebagai system pertahanan anti torpedo di tambah lagi dengan 40 buah jammers/decoys.

Download Video:
~ 3Gp : 4.347 Kb
~ Wmv : 9.134 Kb

1 komentar:

ALIN mengatakan...

bagaimana dengan kapal selam scorpine dari perancis yang bisa menyelam hingga lebih 50 hari yang dibeli INDIA dan MALAYSIA..?


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!