Sabtu, 01 September 2007

Shchuka-B, Penunggu Laut Rusia

Pada awalnya saya pikir antara Akula II dan Typhoon adalah kapal selam yang sama, ini di karenakan sepertinya pihak NATO pada saat memberikan nama pada kedua kapal selam ini terbolak balik :) . Supaya untuk lebih mudahnya mungkin lebih baik kita menggunakan kode proyek dari pihak Rusia : untuk kapal selam yang termasuk dalam proyek 941, pihak Rusia memberi nama Akula sedangkan NATO memberinya nama Typhoon, Kemudian untuk proyek 971 pihak Rusia memberi nama Shchuka-B atau juga Bars Class dan pihak NATO memberi nama Akula. Oke, sampai di sini saya harap sudah tidak ada kebingungan lagi baik bagi saya atau mungkin juga anda :p.

Shchuka-B yang berarti tombak dalam bahasa Rusia merupakan kapal selam yang masuk dalam kategori kapal selam serang nuklir atau nuclear-powered attack submarine (SSN), kapal selam dari keluarga Shchuka ini mulai bertugas di AL Rusia sejak tahun 1986, sedangkan untuk type terbaru dari keluarga Shchuka yaitu Shchuka-B atau Akula II mulai dibangun sejak tahun 1991.


Semua kapal selam dari jenis ini dipersenjatai dengan empat tabung torpedo ukuran 533 mm yang bisa di gunakan untuk meluncurkan torpedo Tipe 53 atau rudal anti kapal permukaan SS-N-15 Starfish dan masih ditambah lagi 4 buah tabung torpedo ukuran 650 mm yang bisa digunakan untuk meluncurkan torpedo Tipe 65 dan juga rudal anti kapal permukaan dari jenis SS-N-16 yang bisa menghancurkan sasaran dari jarak 120 km. Kecepatan yang dapat di tempuh oleh kapal selam dari jenis Shchuka-B ini adalah 20 knots saat dipermukaan dan 35 knots saat menyelam, kelebihan lain dari kapal selam yang mempunyai panjang antara 108 meter hingga 111.7 meter (tergantung dari versi) ini adalah kesunyiannya di banding dengan kapal selam lain dari kelas yang sama, kesunyiannya inilah yang paling di takuti oleh para pemburu kapal selam dari pihak NATO.

Download Video:
~ 3Gp : 831 Kb
~ Wmv : 3.916 Kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!