Selasa, 11 September 2007

DURO, Truk Taktis dari Negeri Swiss

DURO merupakan keluarga truk taktis multifungsi, yang pada awalnya di desain dan dikembangkan oleh perusahaan Bucher-Guyer AG yang berasal dari Niederweningen, Switzerland. Pada perkembangan selanjutnya proses produksi dari truk ini dilanjutkan oleh perusahaan MOWAG atau Mowag Motorwagenfabrik AG juga berasal dari negara yang sama, Sehingga nama dari truk ini pun ikut berubah menjadi Mowag DURO. DURO sendiri merupakan singkatan dari DUrable (tahan lama) dan RObust (kuat), DURO mulai di desain dan di produksi sejak tahun 1994, sebagai konsumen pertama dari DURO adalah Angkatan Bersenjata Swiss yang memesan sebanyak 3.000 unit. Saat ini sudah lebih dari 4.000 unit DURO dari berbagai varian telah di gunakan di berbagai negara, antara lain : Jermany, Venezuela, Inggris, dan Malaysia.

Ada beberapa varian dari DURO yang sampai saat ini masih banyak di pakai di kalangan militer di banyak negara, varian tersebut adalah : DURO II, DURO III dan DURO IIIP. Jika DURO II dan DURO III lebih digunakan sebagai alat pengangkut logistik dan pasukan serta ambulan, yang hanya pada bagian tertentu (terutama kabin) yang menggunakan pelindung baja, maka pada DURO IIIP pelindung baja tidak hanya terbatas pada kabin pengemudi saja tapi hampir seluruh badan dari truk ini terbungkus oleh baja solid yang mampu menahan serbuan senapan mesin ringan dan ranjau anti tank.

Spesifikasi kendaraan yang mempunyai suspensi 4X4 dan 6X6 (tergantung varian) ini adalah; berat 4.800 Kg, panjang 5.5 m, lebar 3.53 m, dan tinggi 2.65 m. Kecepatan maksimal adalah 100 km/jam dengan jarak tempuh 650 Km, sedangkan kapasitas tangki mampu di isi hingga 180 liter.

Download Video:
~ Wmv : 2.053 Kb (DURO II)
~ Wmv : 2.711 Kb (DURO III)

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!