Jumat, 10 Agustus 2007

Leopard, MBT dari Jerman

Jika pada perang dunia II angkatan bersenjata Jerman mempunyai Panther sebagai tulang punggung pasukan kavaleri-nya, maka sejak tahun 1965 giliran Leopard menjadi andalannya. Bukan hanya Jerman yang mempercayakan Leopard sebagai tank tempur utama atau main battle tank, tapi juga negara-negara di daratan Eropa terutama Eropa barat, Australia, Kanada, Brazil dan Chile.

Pada awalnya proses desain dari Leopard ini merupakan proyek dua negara yaitu Jerman dan Perancis di tahun 1950an, namun kerjasama itu tidak bertahan lama dan kemudian finalisasi desain tank Leopard ini di lanjutakan oleh Bundeswehr, dan mulai produksi masal padan tahun 1965. Total 6.485 unit Leopard 1 diproduksi saat itu yang meliputi 4.744 tank tempur dan 1.741 kendaraan militer serba guna dan varian anti pesawat udara, jumlah tersebut tidak termasuk 80 unit purwarupa.

Sejak tahun 1990, Leopard 1 secara perlahan mulai difungsikan bukan lagi sebagai tank tempur utama melainkan sebagai pendukung di banyak negara yang menggunakannya. Dan mulai tahun 1979 Bundeswehr mulai memproduksi generasi baru dari Leopard yaitu Leopard 2. Persenjataan dari Leopard 2 terdiri dari persenjataan utama yang berisi antara lain : 1 x 105mm Royal Ordnance L7A3 L/52 rifled gun 55 rounds, dan untuk persenjataan pendukung dilengkapi dengan 2 x 7.62 mm MG 3 (co-axial and commander's hatch) 5500 rounds.

Download Video:
~ 3gp: 375 Kb
~ Wmv : 921 Kb

2 komentar:

Longbow mengatakan...

Maaf mas itu dulunya kerjasama Jerman dengan Amerika, bukan Perancis

Make lOvE not WaR mengatakan...

@ longbow ...
bener untuk lepoard 2 memang kerjasama antara Jerman dan Amerika,.. namun asal usul leopard diawali kerjasama antara Jerman dan Perancis "...In June 1957, West Germany and the French Fourth Republic signed an agreement to develop a common tank, designated in German Europa-Panzer. Three German (Arbeitsgruppe A, B and C) and one French design team would be included in a competition, with each team producing two prototypes each..". Namun konsorsium ini bubar pada 1963, Jerman tetap mengembangkan leopard dan perancis membangun tank sejenis AMX-30. Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Leopard_1


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!