Rabu, 22 Agustus 2007

BGM-109 Tomahawk, yang mahal yang mematikan

Tomahawk Land Attack Missile (TLAM) atau Peluru Kendali Serang Darat Tomahawk adalah peluru kendali yang mampu menjangkau hingga jarak 2500 Km, mampu beroperasi di segala cuaca, mempunyai kecepatan subsonik (880 Km/jam) dan berharga $ 1.3 juta serta mampu di luncurkan dari kedalaman laut melalu kapal selam. Mulai di perkenalkan tahun 1970an oleh perusahaan General Dynamics , dan sudah beberapa kali di modifikasi untuk mampu mengikuti perkembangan jaman. Saat ini Rudal Tomahawk diproduksi oleh pabrik Raytheon dan sebagian lagi di produksi oleh McDonnell Douglas.


Ada beberapa varian dari Rudal Tomahawk ini, diantaranya adalah ; rudal tomahawk serang darat TLAM-C, rudal tomahawk yang mampu melepaskan bom atau bomblet-dispensing land attack TLAM-D, Rudal tomahawk dengan hulu ledak nuklir atau nuclear land attack TLAM-A dan TLAM-N (tidak dikembangkan), dan Rudal Tomahawk anti kapal permukaan atau Anti-Ship Missile (TASM). Semua jenis rudal tomahawk ini menggunakan pemandu : GPS, TERCOM, DSMAC dan tiap-tiap rudal ini mempunyai berat 1.440 kg.

Hingga saat ini hanya 3 (tiga) negara yang telah memiliki rudal tomahawk yaitu : Amerika Serikat yang diopersikan oleh US Navy, Inggris yang dioperasikan oleh Royal Navy dan yang terakhir adalah Spanyol.

Download video:
~ 3Gp : 1.322 kb
~ wmv : 6.081 kb

Tidak ada komentar:


Web Pages referring to this page
Link to this page and get a link back!